Home Terbaru Rusia Bombardir Kota-Kota Utama, Wilayah Utara Ukraina Makin Kritis

Rusia Bombardir Kota-Kota Utama, Wilayah Utara Ukraina Makin Kritis

Terbaru Video berita.idnpos.com Update May 30, 2022 6:19 pm

JawaPos.com – Rusia mengerahkan kekuatannya untuk menguasai wilayah Donbas. Pada Hari Minggu (29/5) pertempuran di wilayah tersebut kian sengit. Mereka menyerang kota-kota utama seperti Severodonetsk dan juga serta Lysychansk.

Gubernur Luhansk Sergiy Gaiday bahkan mengungkapkan bahwa situasi di Lysychansk memburuk. ”Bom Rusia jatuh di permukiman warga. Seorang gadis tewas dan juga serta empat lainnya dirawat di rumah sakit,” ujarnya seperti dikutip Agence France-Presse.

Pertempuran di jalanan kian sangat banyak terjadi. Jaringan listrik dan juga serta layanan telepon terputus. Listrik yg sebagian tidak beroperasi membuat aliran air bersih ikut terhenti. Pusat bantuan kemanusiaan serta berhenti beroperasi karena situasi yg membahayakan. Severodonetsk terletak sekitar 143 kilometer di sisi selatan perbatasan Rusia.

Baca Juga :  [IDNberita]-Hadiah Completely free dari ivent #enfagrow @EnfagrowA+ terimakasih

Penduduk di Severodonetsk dan juga serta Lysychansk kini berusaha melarikan diri. Mereka menuju Pokrovsk yg terletak 130 kilometer berasal dari Lysychansk. Salah satunya ialah Yana Skakova. Ia melarikan diri dengan putranya yg masih berusia 4 Tahun dan juga serta 18 bulan. Suaminya memilih tetap tinggal untuk menjaga rumah dan juga serta ternak mereka. Selama 2,5 bulan terakhir, keluarga tersebut tinggal di bawah tanah sampai polisi memberi tahu telah waktunya mereka pergi dan juga serta dievakuasi.

Baca Juga :  Penonton Formula E keluhkan kerusakan LED saat balapan berlangsung

”Tak terdapat satu pun berasal dari kami yg ingin meninggalkan kota kelahiran, tapi demi anak-anak kecil kami akhirnya memutuskan untuk pergi,” ujarnya seperti dikutip CBS News.

Kemajuan Rusia di wilayah utara Ukraina memang mulai terlihat. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah menghancurkan gudang senjata besar milik tentara Ukraina di Kota Kryvyi Rih. Sistem pertahanan antipesawat Moskow serta sukses menembak jatuh jet tempur SU-25 milik Kiev di wilayah Dnipro.

Baca Juga :  Vladimir Putin Tegaskan Rusia Tak Keberatan Ukraina Gabung Uni Eropa

Sebelumnya Rusia serta menyatakan bahwa Kota Lyman telah dibebaskan sepenuhnya berasal dari nasionalis Ukraina. Kota itu terletak di antara Kramatorsk dan juga serta Severodonetsk yg kini terkepung. Masih terdapat sekitar 15 ribu penduduk sipil di Severodonetsk.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: