Home Terbaru Indonesia, Ekuador kerja sama penanganan risiko bencana

Indonesia, Ekuador kerja sama penanganan risiko bencana

Terbaru Video berita.idnpos.com Update May 29, 2022 6:18 am

Jakarta (ANTARA) – Indonesia dan juga serta Ekuador menjalin kerja sama penanganan risiko bencana melalui kesepakatan yg ditandatangani dari Kepala BNPB RI Suharyanto dan juga serta Kepala SNGRE Ekuador Christian Torres.

”Kerja sama yg disepakati BNPB dan juga serta SNGRE tidak cuma memberi manfaat teknis kemampuan menangani resiko bencana, tetapi serta hendak menambah amunisi diplomasi di dalam usaha KBRI memperluas dan juga serta memperdalam cakupan dimensi kerja sama bilateral,” ungkap Duta Besar RI untuk Ekuador Agung Kurniadi di dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Baca Juga :  [IDNberita]-Dua Zehra Case Update | Sindh High Court Substantial Assertion | Breaking News

Penandatanganan itu dilakukan di sela-sela pertemuan 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction di Kantor PBB untuk Penanggulangan Bencana di Bali pada Hari Jumat (27/5).

Kedua pihak sepakat bertukar ilmu dan juga serta pengetahuan di bidang penanggulangan dan juga serta kesiapsiagaan bencana, serta meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui pelatihan dan juga serta kelas bersama.

Dijelaskan Dubes Agung, Indonesia dan juga serta Ekuador telah lama berkeinginan untuk memiliki kesepakatan kerja sama. Sejak 2018, rancangan naskah kesepakatan mulai dibahas dari kedua instansi penanggulangan bencana.

Baca Juga :  Jumlah pendatang dari luar Jakarta hingga Mei masih di bawah 20 ribu

Namun, prosesnya sempat tertunda terutama Karena pandemi Corona, karena kedua instansi berperan sentral di dalam mengatasi wabah pandemi di negara masing-masing.

Sebagai dua negara yg berada di dalam lintasan sabuk api Pasifik, Indonesia dan juga serta Ekuador diberkahi wilayah yg subur untuk pertanian dan juga serta Jutawan hendak sumber daya alam, tetapi keduanya termasuk negara di dunia yg paling rawan bencana.

“Karena itu dengan adanya kerja sama ini, kedua pihak dapat saling berbagi info dan juga serta pengalaman terbaiknya di dalam mengatasi bencana”, ungkap Dubes Agung.

Baca Juga :  [IDNberita]-BARANG ANTIK MAS YOYOK BIKIN KERINGAT DINGIN JIKA DI BUKA

Sebelum penandatanganan MoU, kedua delegasi melakukan pertemuan dan juga serta pertukaran pandangan mengenai pentingnya penanganan bencana, yg bila tidak cermat dapat berakibat kerugian ekonomi dan juga serta menghambat pembangunan sosial ekonomi.

Baca serta: Indonesia, Ekuador sepakati kerja sama pemberantasan narkoba

Baca serta: KBRI Quito latih mahasiswa Ekuador bermain gamelan

Ekuador terima pengiriman baru vaksin Corona berasal dari China

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: